House or Home

House or Home

Ada suatu pepatah dalam bahasa inggris, yaitu “with money you can buy house, but not home”. Artinya adalah “Dengan uang anda dapat membeli rumah, tapi bukan tempat tinggal”. Hal tersebut memang berbeda sekali apabila kita coba untuk menelaah lebih dalam mengenai perbedaan antara “House” atau “Rumah” dengan “Home” atau “tempat tinggal”. Dengan uang yang berlimpah, mungkin anda dapat membuat rumah yang megah dan bagus, yang akan membuat semua orang akan berdecak kagum begitu melihat rumah anda yang megah dan bagus tersebut, akan tetapi apakah rumah yang megah dan bagus tersebut sudah memenuhi akan kebutuhan tempat tinggal anda dan keluarga ?

Tempat tinggal merupakan suatu tempat bagi anda atau beserta seluruh keluarga anda berkumpul bersama menjalani serta menikmati hari di luar aktivitas rutin bekerja, sekolah ataupun kegiatan lainnya. Setiap orang, pada dasarnya memiliki kebutuhan akan standar tempat tinggal yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, seperti apakah seseorang atau bersama dengan keluarganya memiliki karakter tertutup ataukah terbuka dengan orang lain, jumlah anggota keluarga, aktivitas harian dari anggota keluarga, kegiatan dan hobi atau ketertarikan akan sesuatu, dan masih banyak hal lainnya.

Profesi pun akan memiliki perbedaan dalam standar kebutuhan tempat tinggal yang dimiliki, misalnya dia seorang dokter, insinyur, ahli pertanian, atlit, seniman, dan profesi-profesi lainnya. Sebagai contoh adalah rumah seorang seniman, mungkin dia akan membutuhkan satu ruangan tersendiri yang cukup privasi agar dia bisa mendapatkan ilham akan karyanya, demikian juga seorang pustakawan atau negarawan, mungkin dia membutuhkan ruang kerja serta ruangan untuk menyimpan buku-buku kesayangannya.

Dalam hal ini, jasa seorang Arsitek profesional akan sangat berperan, yaitu seorang Arsitek yang tidak hanya memahami akan keindahan akan tetapi juga memahami dengan bijak akan masalah psikologi mengenai keluarga ataupun personal. Seorang arsitek yang baik, tidak hanya akan dapat memberikan solusi sebuah rumah yang indah bagi klien-nya, akan tetapi juga dapat memberikan solusi terhadap kebutuhan akan kenyamanan hidup dari seluruh penghuni dari rumah yang menjadi tempat tinggal tersebut. Banyak sekali kita temui perancang yang dapat memberikan anda usulan rumah yang bagus dan indah, akan tetapi yang harus anda temui adalah seorang perancang yang memahami betul anda dan keluarga anda. Jangan lupa, bahwa perencanaan yang baik adalah 50 % dari keberhasilan akan sesuatu.

Posted on: June 22, 2018Istalastu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *